Jumat, 25 Februari 2011

Petunjuk Instalasi Lengkap Ndrive untuk S60v3, S60v5 & S60^3




Kali ini saya akan menjelaskan Tutorial install Ndrive Navigation for Symbian, setelah pada postingan sebelumnya saya menjelaskan Tutorial Petunjuk Instalasi Lengkap Garmin Mobile XT untuk S60v3 S60v5 & S60^3 disini

Menurut saya Ndrive punya kelebihan sendiri dibandingkan dengan Garmin, diantaranya :
1. Lebih ringan sehingga otomatis lebih cepat
2. Ukuran file Peta (khususnya peta Indonesia lengkap) yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan Garmin, sehingga lebih hemat memori penyimpanan.
3. Tampilan grafik yang mendukung visual 3D
4. Dan yang paling penting serta membedakan dengan Garmin menurut saya adalah disediakannya menu Bahasa Indonesia sehingga lebih user friendly lagi.

Sementara itu, untuk kekurangannya menurut saya adalah dalam hal menghapal / menentukan fungsi tombol-tombol shortcut yang tidak ditemui pada menu navigasi Ndrive, exp : untuk melihat status satelit harus menekan angka 7, hal ini berbeda dengan Garmin karna untuk melihat status satelit cukup dengan tekan logo sinyal yang terletak dibagian atas. Hal ini saya temui ketika mencoba Ndrive di N95 8Gb saya namun overall, itu cuma butuh pembiasaan saja karna bukan suatu hal yg mengganggu dalam navigasi.

Selanjutnya sebelum masuk tahap instalasi Ndrive pastikan dulu handphone symbian anda telah di hack, jika belum anda bisa hack dulu berdasarkan tutorial saya disini.

Masuk ke pengerjaan, selanjutnya anda download file-file yang dibutuhkan di bawah ini :
1. Aplikasi Ndrive terbaru, download disini
2. Ndrive Folder instalation, download disini
3. Symbian PIPS v.1.6, download disini
4. Peta Indonesia untuk Ndrive, download disini

Tutorial instalnya :
1. Ekstrak file Ndrive Folder instalation yang telah anda download, kemudian Copy folder NDrive tersebut ke memory card handphone anda, tampilannya nanti seperti ini :


2. Dari Folder Ndrive > MAPS > hapus file WORLD.map di dalamnya, karna nanti yang dipakai adalah map peta indonesia.

3. Install Symbian PIPS v.1.6, apabila sudah ada maka tidak perlu di install lagi. Caranya cek dulu di aplikasi manager apakah sudah ada Symbian PIPS seperti screenshot ini :


4. Install Aplikasi Ndrive terbaru > save di memory card anda. Prosesnya memang agak lama jadi anda tunggu saja sampai proses penginstalan Aplikasi Ndrive selesai. screenshotnya nanti seperti ini :


5. Selanjutnya buka Aplikasi Ndrive di handphone anda, ikuti semua petunjuk yang ada karena itu tidaklah sulit, begitu juga dalam memilih bahasa yang anda suka untuk menjalankan aplikasi Ndrive. Hanya yang perlu anda perhatikan adalah abaikan peringatan trial dan permintaan koneksi ke internet, apabila anda sudah pernah menginstal aplikasi Garmin saya kira anda tidak akan kesulitan pula dalam menginstal aplikasi Ndrive ini untuk pertama kali. Setelah penginstalan Ndrive selesai jangan buka dulu menu apapun.

6. Tutup aplikasi Ndrive > kemudian sambungkan handphone anda dengan kabel data dalam modus penyimpanan massal > kemudian copy file Peta Indonesia untuk Ndrive yang telah ada download tadi kedalam folder MAPS > IDN_TA.MAP. screenshotnya seperti ini :


7. Buka kembali aplikasi Ndrive > setelah masuk ke menu tekan angka 7 untuk melihat status satelit > setelah ada notifikasi suara menandakan posisi satelit anda telah terkunci > tekan tombol peta dan TaDa.... posisi anda sudah kelihatan dilayar handphone sekarang.


Anda berhasil tampilannya nanti seperti ini :







Good Luck.

8 komentar:

  1. Thanks atas informasinya..

    Apakah aplikasi ini juga dapat dijalankan di handphone Low Memory RAM ? seperti 6120c.. karena setau saya N95 8GB mempunyai RAM 4x dari hape 6120c..

    BalasHapus
  2. 6120c setau saya ga ada gps onboard gan, tp kalo symbian yg punya gps onboard pasti bisa menjalankan aplikasi ini gan, selebihnya tergantung sisa memory hp.

    BalasHapus
  3. ini khusus buat nokia ya?
    soalnya saya coba di samsung gak bisa gan..

    thanks

    BalasHapus
  4. gan, 5230 udah sampai ending instalannya. ndrive dijalankan koq minta instal via online? thx

    BalasHapus
  5. @ anonim > pada dasarnya ini support u/ seluruh ponsel symbian gan.

    @ ourfamily > buat n81 ga bisa gan, krn n81 ga punya chip gps onboard.

    @ anonim > jgn2 ad yg kelewat step instalannya gan.

    @ fariz > sory bngt gan, ane belum sempat buat aplod link baru lg krn ane cm pake modem, jd buat sementara di googling aj gan pake kata kunci file yg bersangkutan.

    BalasHapus